Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Thursday 28 February 2013

RECOVER HARDDISK BAD SEKTOR

Hai, sudah agak lama saya tidak posting. Cerita dulu ya, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang bad sector external hard disk. Jujur saja saya sangat awam tentang cara kerja harddisk, taunya ya eksternal hard disk dipake karena internal hard disk sudah tidak mencukupi lagi.

Awalnya kirain kena virus, lha ke detec tapi file system nya jadi raw atau karna leptop saya yang rusak apa gimana. Sampai nyoba di berbagai komputer tetep aja g ke detec. Waktu itu OSnya masih Windows sih.
Trus saya inisiatif minta temen saya (Linux expert) periksa tu HD, bisa tuh dibuka, tapi virus di folder recycle nya banyak. Masalah virus teratasi, dan HD sudah bisa dilihat folder-foldernya.
Colokin lagi tu HD ke leptop saya, kok folder yang muncul cuman dikit ya, pas dilihat properties cuman sisa puluhan GB, tapi pas semua folder yang ada isinya g nyampe ratusan (HD saya Seagate 500GB).
Menyadari kekurangan saya, saya langsung browsing, ada apa dengan HD saya, kebanyakan artikel yang saya baca adalah tentang bad sector. Dan kalau dilihat jenis error nya ternyata HD saya terkena bad sector.
Banyak software yang saya pakai untuk mengembalikan data saya, Getdataback, EaseUs, HDD dan masih banyak lagi (saya lupa apa saja) tetep aja nggak bisa, padahal proses scannya memakan waktu yang sangaat lama (kasian leptopnya). Seatool dari Seagate pun tidak mampu mengatasi permasalahan HD saya.
Menyerah? Tidak, saya terus browsing, dan akhirnya ada yang menawarkan untuk menggunakan Stellar Phoenix Windows Data Recovery. Dilihat dari fiturnya sepertinya software ini sangat lengkap. Trus saya langsung coba, dan akhirnya software tersebut bisa me-scan data di HD saya, yang juga tidak terdeteksi oleh windows (banyak folder yg hidden tapi di unhidden tidak bisa). Data-data yang penting dapat direcovery, tetapi ada juga data yang tidak bisa di recover, ya saya mengikhlaskan saja.
Nah buat teman-teman yang memiliki permasalahan seperti saya, tidak ada salahnya untuk mencoba Stellar Phoenix Windows Data Recovery. Bukan promo sih, tapi lebih mencoba memberi teman-teman reverensi software untuk data recovery.

0 comments:

Post a Comment