Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Thursday 6 December 2012

What’s the meaning of Statistics???



Dalam memahami hampir seluruh kegiatan manusia, ternyata ada peran statistika masuk didalamnya. Salah satu contoh kecilnya  adalah ketika seorang membeli buah jeruk di pasar, seorang pembeli hanya akan mencicipi satu bulir jeruk yang sudah dikupas oleh penjual dan mengasumsikan apabila bulir jeruk yang dicicipi manis maka manislah semua jeruk yang ada disana termasuk yang akan dibelinya. Dan seorang penjual sudah memasukkan ilmu statistika disana, dengan atau tanpa disadari. Apabila seorang pembeli belum tahu ilmu statistika, maka yang terjadi adalah ia akan mencicipi semua jeruk yang ada? Pada akhirnya si penjual yang tidak rela bila ternyata pembeli tidak menemukan jeruk yang diharapkan. Berdasar hal tersebut membuat kesimpulan berdasarkan percobaan merupakan salah satu arti dari statistika, namun bukan hanya itu saja.

Statistika merupakan sekumpulan konsep dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data tentang bidang kegiatan tertentu dan mengambil kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi.

Pertanyaannya sekarang, apa perbedaan antara statistika, statistic dan statistisi??

Arti statistika sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, jadi statistika adalah ilmunya. Sementara statistik adalah parameter yang diambil dari sample bahasa kerennya statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel dan atau disgram yang melukiskan suau persoalan. Dan orang yang ahli dalam statistika disebut statistisi.

0 comments:

Post a Comment