Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Sunday 9 December 2012

Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensi

Populasi, sampel, parameter, dan statistik

Sebelum dibahas lebih lanjut apa perbedaan statistika deskriptif dan statistika inferensi, maka akan dibahas terlebih dahulu istilah populasi, sampel, parameter dan statistik. Dalam statistika, sampel diambil dari suatu kelompok yang lebih besar yang disebut populasi. Populasi sering dikatakan sebagai himpunan keseluruhan obyek yang diteliti, sementara sampel merupakan himpunan bagian populasi. Karakteristik atau konstanta dari suatu populasi disebut parameter dan harga yang dihitung dari sampel dinamakan statistik.

Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif merupakan cabang ilmu statistika yang menjelaskan teknik untuk meringkas dan mendeskripsikan data. Penekanan statistika deskriptif terletak pada pemberian informasi mengenai data yang dipunyai dan tidak menarik kesimpulan terhadap kelompok yang lebih besar. Termasuk dalam klasifikasi statistika deskriptif adalah output tabel, diagram, grafik, serta besaran lain seperti di majalah dan koran-koran. Diawali dengan pengumpulan data populasi dan dari data populasi tersebut kemudian dianalisa untuk mendapatkan karakteristik populasi yang sedang diteliti.

Berikut contoh dari statistika deskriptif:
 
Diagram Pertumbuhan Jumlah Pengguna Facebook dari bulan Desember 2004 hingga September 2012
sumber: http://insideout.com/wp-content/uploads/Facebook-User-Growth-Chart.png



Statistika Inferensi
Sementara cabang ilmu statistika yang bertujuan untuk membuat kesimpulan (mengambil kesimpulan, memprediksi, membuat kesimpulan) tentang  karakteristik populasi berdasarkan informasi yang diperoleh dari sampel merupakan pengertian dari statistika inferensi.  Dimulai dengan pengumpulan data; data yang ada diolah, disederhanakan dan ditata agar bisa disajikan dalam bentuk yang sederhana yang menjadi karakteristik dari sampel;  dilakukan pengujian terhadap data sampel untuk menaksir parameter atau menguji asumsi parameter populasi dan akhirnya didapatkan kesimpulan mengenai karakteristik populasi yang sedang diteliti.

Misalnya, dari diagram di atas, dapat diprediksi berapa jumlah pengguna Facebook yang akan datang
 

1 comments:

terima kasih atas ilmunya..
tp sepertinya ada informasi yg terpotong y

Post a Comment